Michael Wattimena Minta Pemerintah Prioritaskan Wilayah Kepulauan – KILASMALUKU.com
AMBOINA

Michael Wattimena Minta Pemerintah Prioritaskan Wilayah Kepulauan

KILASMALUKU.com- Wakil Ketua Komisi V DPR dari Fraksi Demokrat, Michael Wattimena bicara lantang soal program pambangunan daerah saat ini. Hadir sebagai pembicara pertama dalam seminar nasional bertemakan “Meretas Ketertinggalan Daerah Kepulauan”, Michael mendesak pemerintah agar memprioritaskan wilayah-wilayah yang berbasis kepulauan.

“Saya sebagai anak laut merasa terpanggil untuk mengingatkan pemerintah, perikan juga porsi lebih ke daerah kepulauan. Saya melihat konten materi pembanguann nasional saat ini terlalu beroreantasi ke daratan. Kalau pun ada laut, itu tidak terlalu signifikan,” ujar Michael kepada KILASMALUKU.com, di Jakarta kemarin.

Menurutnya,  membangun daerah tertinggal memang bukan hal yang mudah, butuh strategi yang tepat dan pendekatan secara arif serta bersinabungan. “Karena yang terjadi saat ini beda pimpinan beda pula kebijakan yang akan dijalankan. Seharusnya program pro kepulauan yang pernah digalakan pemerintah sebelumnya tetap dilanjutkan,” jelas Michael.

Dikatakan, orientasi pemerintah saat ini lebih berupaya membangun daratan bukan kepulauan. Sedangkan Indonesia adalah negara kepulauan yang luas. Jadi untuk meretas ketertinggalan notabenya adalah kepulaun, pemerintah harus punya terget yang jelas.

“Bayangkan dana alokasi umum saat ini dihitung dari luas daratan dan jumlah penduduk. Lalu bagaimana mereka yang tinggal di daerah kepulaun, tentunya dana yang didapatkan jauh lebih besar dari alokasi dana daratan,” singgungnya.

Michael juga meminta agar program pembangunan daerah kepulauan masa pemerintah SBY trus dipertahankan. Saat itu, pemerintah memprogramkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2010-2014 yang disebut MP3EI. Program ini memiliki konsep konektifitas nasional yang berfokus pada empat pilar yaitu, sistem logistik nasional, sistem transportasi nasional, pembangunan keilayahan RT/RW dan sistim informasi komunikasi dan teknologi.

“Saat ini beberapa yang dilanjutkan pemerintah Jokowi. Namun seperti yang saya sampaikan dalam seminar nasional, untuk meretas masalah wilayah kepulauan seperti di Maluku, perlu ada keseriusan pemerintah untuk berfikir memajukan daerah kepulaun. Dengan begitu daerah kepulauan dapat meningkatkan perekonomian dan mensejahterakan rakyatnya,” terang Michael. (klm)

Comments

comments

NEWS UPDATE

BUAT HARI ANDA BERKUALITAS
QUICK CONTACT:
OFFICE :

Graha L9 Lantai 3, Jalan. Raya Kebayoran Lama Pal 7. No 17, Jakarta Selatan.

© 2016 KILASMALUKU.COM by FAJAR.co.id

To Top