Harusnya Bersyukur Proyek Blok Masela di Darat, Bukan Bertengkar Lokasinya Dimana – KILASMALUKU.com
EKONOMI

Harusnya Bersyukur Proyek Blok Masela di Darat, Bukan Bertengkar Lokasinya Dimana

ilustrasi

KILASMALUKU.com- Gubernur Maluku, Said Assagaff sepertinya gerah dengan perdebatan dimana letak pembangunan proyek Blok Masela.

Dua kabupaten, Maluku Tenggara Barat (MTB) dan Maluku Barat Daya (MBD) sama-sama ngotot, lokasi pembangunan gas alam itu harus ada di daerahnya.

Menyikapi hal itu, Gubernur Maluku Said Assagaff, meminta para petinggi dari kedua daerah tidak perlu ribut soal lokasinya. Sebaiknya menunggu hasil kajian ilmiah dari pemerintah pusat.

“Karena dimanapun lokasinya seluruh masyarakat MBD maupun MTB pasti akan memperoleh dampak positifnya. Bahkan lebih luas lagi, seluruh masyarakat Maluku bisa menikmatinya. Sifatnya multiplier effect bagi pertumbuhan ekonomi Maluku” terang Assagaff, Selasa (26/4).

Assagaff menilai, perkiraan penyerapan tenaga kerja untuk Blok Marsela yang dirilis Kementerian ESDM adalah sebanyak 380.000 orang.

Untuk itu, ia berharap seluruh Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota se-Maluku dapat menggerakkan SDM-nya secara profesional untuk mengisi sebanyak mungkin formasi tersebut.

Karena selain, dapat memperoleh keuntungan dari hasil pengelolaan migas Blok Marsela, Maluku juga memiliki peluang untuk mengelola industri pendukung seperti ketersediaan logistik sandang, pangan, transportasi, komunikasi, dan masih banyak lagi.

“Sebagai gambaran sederhana, untuk memenuhi kebutuhan pangan, kita harus mampu menyiapkan kebutuhan suplay beras, sayur-mayur, ikan, daging ayam, sapi, telur dan lain-lain,” terangnya.

Dikatakan, Pemda harus dapat mendesain dan mempersiapkan konstruksi masyarakat, khususnya kedua daerah MTB dan MBD yang siap menghadapi operasionalisasi Blok Marsela. “Kita tidak boleh menjadi penonton, karena pilihan kita adalah harus menjadi pemain di rumah kita sendiri,” tegas Gubernur Assagaff. (klm/YANTO)

Comments

comments

NEWS UPDATE

BUAT HARI ANDA BERKUALITAS
QUICK CONTACT:
OFFICE :

Graha L9 Lantai 3, Jalan. Raya Kebayoran Lama Pal 7. No 17, Jakarta Selatan.

© 2016 KILASMALUKU.COM by FAJAR.co.id

To Top