Inilah Alasannya, Harga Barang di Maluku Mahalnya Minta Ampun – KILASMALUKU.com
RAGAM

Inilah Alasannya, Harga Barang di Maluku Mahalnya Minta Ampun

Pasar Mardika, Ambon

KILASMALUKU.com- Maluku menjadi wilayah yang sangat rentan dengan perubahan harga. Meski hanya masalah distribusi, harga jual sudah bisa bergejolak.

Kondisi ini yang menyebabkan terjadinya disparitas harga yang cukup kontras di Maluku.

Gubernur Maluku Said Assagaff mengatakan, 85 persen produk sembako serta produk strategis lain berasal dari luar daerah. Jika terjadi ganguan dalam distribusi maka kenaikan harga tak bisa dihindari.

“Kondisi tersebut menyebabkan terjadinya tingkat kemahalan antar masing-masing daerah di Maluku. Hampir semua aspek terpengaruh, dari bahan material bangunan, jasa transportasi, hingga jasa buruh ikut-ikutan mahal,” terang Assagaff kemarin.

Menurutnya, rantai pendistribusian di sentra-sentra perdagangan kabupaten/kota harus tetap terjaga. Cara itu penting untuk memastikan permintaan masyarakat terhadap jenis produk tertentu bisa terlayani.

Kondisi yang terjadi menjadikan ketahanan stok sebagai upaya yang cukup strategis. Ketersediaan gudang-gudang penyimpanan memiliki peran penting dalam menjaga stabilitas harga.

“Sekali terjadi kelangkaan produk, maka lonjakan harga bisa lebih besar dari yang dibayangkan. Meski trennya tidak hanya sementara, namun bila sudah terjadi maka hal itu akan mempengaruhi sektor-sektor lain,” jelas Assagaff.

Dikatakan, arus perdagangan lokal yang didominasi perdagangan antar pulau, perlu ditata secara baik. Ketersediaan infrastruktur transportasi harus dimaksimalkan agar distribusi barang menjadi lebih lancar. Begitu pula dengan persoalan pasar tradisional, pelaku usaha perlu dibina dan diberdayakan agar mempraktekan peragangan yang bersih. Karakter spekulasi harus ditinggalkan agar daya beli masyarakat bisa terus terjalin.

“Jika sistem perdangan semakin baik maka harga-harga juga ikut baik. Begitu juga dengan keuntungan yang diperoleh pengusaha. Semuanya harus seimbang,” singkat Assagaff. (klm/YANTO)

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

NEWS UPDATE

BUAT HARI ANDA BERKUALITAS
QUICK CONTACT:
OFFICE :

Graha L9 Lantai 3, Jalan. Raya Kebayoran Lama Pal 7. No 17, Jakarta Selatan.

© 2016 KILASMALUKU.COM by FAJAR.co.id

To Top