UN Hari Pertama Sukses, Ini Laporan UN Manual dan UNBK di Seluruh Maluku – KILASMALUKU.com
AMBOINA

UN Hari Pertama Sukses, Ini Laporan UN Manual dan UNBK di Seluruh Maluku

ilustrasi

KILASMALUKU.com- Hari ini, Senin (4/4) Maluku dan seluruh Provinsi di Indonesia melaksanakan Ujian Nasional (UN) serentak. Ada dua model UN yang diberlakukan yaitu UN Manual dan UN yang Berbasis Komputer (UNBK).

Untuk UNBK di Maluku ada lima kabupaten/kota yang menerapkannya, yaitu Kota Ambon, Kota Tual, Kabupaten Maluku Tengah, Seram Bagian Barat, dan Kabupaten Buru. Sementara sisanya menerapkan sistem UN manual.

Sekertaris Dinas Pendidikan Maluku, Hadi Sulaiman mengungkapkan, pelaksanaan UN di Maluku berjalan aman dan lancar. Tidak ada laporan pelanggaran atau kebocoran soal UN.

“Baik UN Manual maupun UNBK lancar dan aman. Tidak ada laporan kecurangan atau sejenisnya,” ujar Sulaiman disela-sela kunjungan UN di SMA 1 Ambon, SMA Saverius, SMA 11 dan SMA 13 Ambon.

Dikatakan, sesuai hasil koordinasi yang dilakukan oleh panitia UN di semua kabupaten/kota, berjalan lancar. Persoalan yang dikhawatirkan dari model UNBK, seperti mati listrik, jaringan internet hingga kehadiran siswa tidak ada terkendala..

“Dari pelaksanaan UNBK saat ini, mudah-mudahan menjadi gambaran untuk Provinsi Maluku, sehingga tahun berikutnya tidak hanya di lima kabupaten/kota, melaikan di 11 Kabupaten/kota dengan pola, sistimatik yang sama. Paling tidak di 11 Kabupaten/Kota ada sekolah piloting yang menyelenggarakan UNBK,” harapnya.

Sulaiman juga mengatakan, hal yang sama terjadi di UN berbasis manual. Dari hasil pantauan dan laporan di seluruh Lokus se-Maluku berjalan dengan baik.

“Kalaupun ada kendala UN manual, sudah ada standar opersional prosedur yang dilakukan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengantisipasi kekurangan soal dan soal-soal yang salah atau kurang jelas,” ungkapnya.

Sementara itu, jumlah siswa SMA/MA, SMK, SMALB, dan paket C yang mengikuti UN tahun ini mencapai 29.179 siswa yang tersebar di Kabupaten/Kota.

Dari 29.179 siswa tersebut, 1.988 siswa diantaranya mengikuti UNBK yang tersebar di lima Kabupaten/Kota, yaitu Kota Ambon diantaranya, SMA Negeri 1 281 siswa, SMA Siwalima 68 siswa, SMK Negeri 1, 240 siswa SMK Negeri 2, 169 siswa, SMK Negeri 3, 244 siswa dan SMK Negeri 7, 162 siswa.

Kota Tual, SMA Negeri , 332 siswa dan SMK Negeri 1 59 siswa. Kabupaten Maluku Tengah, SMA Negeri 1 Banda 108 siswa. Kabupaten Buru, SMK Negeri 1 Namlea, 73 siswa. Dan Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), SMK Negeri 1 Seram Barat, 224 siswa dan SMK Negeri 4 seram barat, 26 siswa. (klm)

 

 

Comments

comments

NEWS UPDATE

BUAT HARI ANDA BERKUALITAS
QUICK CONTACT:
OFFICE :

Graha L9 Lantai 3, Jalan. Raya Kebayoran Lama Pal 7. No 17, Jakarta Selatan.

© 2016 KILASMALUKU.COM by FAJAR.co.id

To Top