Kini Dilupakan, Lagu “Naik-Naik ke Puncak Gunung” Tinggalkan Maluku – KILASMALUKU.com
AMBOINA

Kini Dilupakan, Lagu “Naik-Naik ke Puncak Gunung” Tinggalkan Maluku

gunung1

YAKIN, semua pasti hafal lirik lagu anak-anak berjudul ‘Naik-Naik ke Puncak Gunung’. Sangking populernya, jika ditanya siapa yang bisa menyanyikan lagu ini? rame-rame angkat tangan. Namun, bagaimana kalau yang pertanyaanya diganti, siapa yang mencipta dan dari mana asal lagunya? Pasti kita pikir-pikir dan bingung sendiri.

Ternyata, lagu Naik-naik ke Puncak Gunung benar berasal dari Maluku. Lirik lagu ini awalnya Naik-Naik ke Gunung Nona, namun karena telah dinyanyikan di semua wilayah, maka lirik lagunya diganti menjadi naik-naik ke puncak gunung.

Dari Wikipedia.org, lagu naik-naik ke puncak gunug terdaftar dalam 212 lagu daerah di Indonesia. Lagu ini memang ditulisakan berasal dari Maluku. Meski begitu, tidak satupun sumber yang menyebutkan siapa yang pencipta lagu ini.

Namun di Maluku, generasi yang mengetahui lirik asli lagu ini hanyalah orang-orang terdahulu. Itupun, meski dinyanyikan dengan lirik ‘Naik-Naik ke Gunung Nona’, anak-anak sekarang akan berfikir hanya improvisasi lagu dari lagu aslinya Naik-Naik ke Puncak Gunung.

Untuk itu, mulai dari sekarang mari lestarikan budaya dan lagu daerah Maluku. (iqi)

Comments

comments

NEWS UPDATE

BUAT HARI ANDA BERKUALITAS
QUICK CONTACT:
OFFICE :

Graha L9 Lantai 3, Jalan. Raya Kebayoran Lama Pal 7. No 17, Jakarta Selatan.

© 2016 KILASMALUKU.COM by FAJAR.co.id

To Top