Maluku akan Miliki BLK Bertaraf Internasional – KILASMALUKU.com
AMBOINA

Maluku akan Miliki BLK Bertaraf Internasional

Ambon- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) akan segera memiliki Balai Latihan Kerja (BLK) dengan standar internasional. BLK yang baru ini untuk memaksimalkan BLK kota provinsi dinilai sudah tidak layak digunakan dalam rangka memberikan ketrampilan, pengetahuan hingga pengalaman yang sesuai kebutuhan pasar tenaga kerja.

“Balai pelatihan tenaga kerja yang akan kita dibangun adalah balai pelatihan terbesar,” ungkap Gubernur Maluku Said Assagaff, kemarin.

Menuutnya, system pendidikan maupun pelatihan tenaga kerja didaerah masih lemah dalam membentuk kualitas, serta relevansi ketrampilan seusai standar. Provinsi Maluku akan mengalami perkembangan dalam sektor tenaga kerja yang cukup pesat diwaktu-waktu. Dengan demikian, dibutuhkan satu wadah atau tempat yang tepat guna meningkatkan mutu dan kesiapan tenaga kerja daerah untuk bersaing.

“Kalau Lumbung Ikan Nasional terealisasi, Blok Masela berproduksi, pertambangan maupun sektor pariwisata berkembang. Maka anak-anak daerah harus dipersiapkan sedini mungkin untuk menjawab tantangan tersebut,” ujarnya.

Menurut dia, angka penganguran bisa ditekan apabila tenaga kerja daerah siap dipakai. Pasalnya setiap tahun terdapat ratusan sarjana muda yang diwisuda, sementara tingkat penyerapan tenaga kerja hanya 10 berbanding 1000.

Apalagi dengan adanya persaingan pasar bebas Asean diakhir tahun 2015 mendatang. Sudah pasti, persoalan ini harus diperhatikan.

“Untuk mengurangi kesenjangan ketrampilan para tenaga kerja dan meninggkatkan kemampuan mereka, salah satu solusinya adalah menjadikan balai pelatihan tenaga kerja benar-benar berkualitas dari semua segi termasuk para instrukturnya,” tandas Assagaff. (YAS)

Comments

comments

NEWS UPDATE

BUAT HARI ANDA BERKUALITAS
QUICK CONTACT:
OFFICE :

Graha L9 Lantai 3, Jalan. Raya Kebayoran Lama Pal 7. No 17, Jakarta Selatan.

© 2016 KILASMALUKU.COM by FAJAR.co.id

To Top